Tulisan Terbaru

Timnas U-19 Siap Ke Pentas Dunia


PieterSilitonga - Masih segar dalam ingatan kita khususnya para pecinta sepakbola Tanah Air akan sebuah momen indah dan mengharukan pada hari Minggu, 22 September 2013 lalu. Evan Dimas dan seluruh pemain Timnas U-19 (Garuda Jaya) berlari mengelilingi Stadion Gelora Delta Sidoarjo sambil mengarak Merah Putih dengan luapan kegembiraan yang sulit dilukiskan. Mereka dielu-elukan para penonton yang bersorak-sorai sambil menyanyikan yel-yel kemenangan.

Hari itu menjadi hari yang bersejarah bagi sepakbola Indonesia. Timnas U-19 sukses mengharumkan nama bangsa dengan menjuarai AFF Cup 2013 yang mengalahkan Vietnam secara dramatis melalui  adu penalti. Momentum tersebut menjadi awal kesuksesan Timnas Indonesia khususnya U-19 yang telah menyuguhkan permainan indah, menawan, menghibur dan tidak kenal menyerah.

Penantian pecinta sepakbola Tanah Air selama 22 tahun terbayar sudah. Selama kurun waktu tersebut tak satu pun prestasi diraih, baik Timnas Senior, Timnas U-23, atau Timnas U-16. Mereka selalu kandas diberbagai kejuaraan walau  tingkat Asia Tenggara sekalipun.

Tidak lama berselang, Timnas U-19 kembali menuai kesuksesan. Saat perhelatan babak kualifikasi Piala Asia U-19 digelar, mereka kembali memberikan sumbangsih yang sangat berharga bagi bangsa. Mereka menghentikan langkah Laos dengan skor 4-0 dan Filipina dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama dan kedua mereka.


Pertandingan penentuan dan sangat dinanti-nantikan adalah saat melawan Korsel di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/10/2013). Disaksikan 40.000 penonton ditambah jutaan pemirsa di tanah air, Evan Dimas dkk menyuguhkan permainan gemilang, ngotot dan tak kenal menyerah. Malam itu pun menjadi sejarah. Timnas U-19 berhasil membungkam tim raksasa Asia Korea Selatan dengan skor yang tak tanggung-tanggung, 3-2.

Perjuangan gemilang Evan Dimas dan kawan-kawan akhirnya menjadikan mereka menjuarai grup G, sekaligus lolos ke Piala Asia 2014 di Myanmar. Kemenangan tersebut membuktikan Evan Dimas Cs  mampu menepis rasa pesimis selama ini bahwa Indonesia tidak akan mampu mengalahkan Korea Selatan. Mereka bertanding dengan tidak mau menyerah begitu saja dan tidak mau melihat bangsanya diinjak-injak negara lain di tanahnya sendiri. Kesuksesan ini tentunya sangat menggembirakan seluruh masyarakat Indonesia yang telah lama merindukan selebrasi kemenangan Timnas.

image: www.bo-la.com
email: piter_centre{at}yahoo.com

No comments:

Blog Archive