Tulisan Terbaru

HALO OPTIC PHENOMENON, 22 SEPTEMBER 2008

Sobat, sudah tau gak kemarin, Senin tanggal 22 September 2008 terjadi fenomena alam yang sangat menawan dan paling jelas tampak di kota Medan. Saat saya keluar dari kantor sekitar jam 12.00 untuk beli sesuatu, entah bagaimana saya melihat ke angkasa raya. Wow…sang surya dibalut sinar melingkar dengan warna – warni yang indah. Di lapisan terluar terlihat balutan cincin pelangi yang indah. Sang surya tampak garang seakan menunjukkan kuasanya dan memberitahu ke seluruh makhluk akan andilnya dalam menerangi bumi. Cepat – cepat saya abadikan momen tersebut dengan camera Handphone. Cuma sayang, hasil jepretan dengan camera tidak seindah kenyataan yang ada. But, It doesn’t matter. Saya merasa senang bisa berbagi peristiwa ini kepada sobat – sobat yang belum sempat melihat fenomena ini. Saya langsung access ke internet dan baca sana-sini, ternyata fenomena ini disebut sebagai fenomena optik halo ( Halo Optic Phenomenon). Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10km dari permukaan bumi. Fenomena alam biasa ini muncul sewaktu-waktu saat matahari tertutup awan cyrus. Sinar yang diterima di sebagian daerah bumi redup karena terhalang awan.Fenomena matahari yang terlihat seperti cincin ini juga memungkinkan terjadinya pelangi karena sinar matahari dibiaskan oleh awan.
Salah satu hasil jepretan saya tampak di bawah, jika sobat ingin melihat foto lainnya,klik disini





1 comment:

Anonymous said...

saya tunggu diblog saya lho

Blog Archive