Tulisan Terbaru

SAAT-SAAT TERBAIK

Selama hidup di dunia, manusia tidak akan pernah lepas dari apa yang dinamakan  hasrat, ambisi dan cita-cita. Untaian ketiga kata ini  selalu digunakan disetiap waktu sesuai dengan perjalanan hidup.Hal ini juga akan membuat hidup semakin bermakna, bisa dinikmati, penuh variasi dan emosi.

Ketika sebuah opportunity muncul dan terbentang di hadapan, manusia dengan segala hasratnya tentunya akan melirik sekaligus ingin memanfaatkan sang opportunity ini. Dengan  melakukan strategi  dan manuver, maka manusia mulai mengerahkan segala kemampuan dan potensi  diri untuk  segera mewujudkannya.

Sebuah opportunity tentunya merupakan kesempatan yang ingin selalu diraih. Sebagai manusia yang hidup di dunia yang penuh tujuan hidup, tentunya setiap opportunity yang ada, ingin selalu diharapkan hasil  yang  “menyenangkan”. Walau juga tidak akan pernah lepas dari hasil yang mengecewakan.

Kapan sebuah hasil  yang menyenangkan itu diperoleh? Sulit diprediksi!

Pun demikian,dengan segala kesiapan mental, strategi,dan persiapan yang matang ,sesuatu itu akan lebih berpeluang membuahkan hasil yang menyenangkan. Ketika manusia telah siap, inilah saat –saat terbaik untuk mewujudkannya.

e-Pameran, e-Video, dan Rumah Web untuk Produk UKM Indonesia

Latar Belakang
Sesuai kesepakatan sebelumnya, pada bulan Januari 2010 akhirnya kesepakatan perdagangan ACFTA telah diluncurkan. Dengan kesepakatan ini maka produk China dengan tarif bea masuk nol yang harganya akan semakin murah, akan membanjiri pasar dalam negeri.
Hal ini tentunya akan membuat produk lokal menjadi pilihan "nomor dua". Dengan keadaan ini, maka para pelaku bisnis khususnya di sektor UKM akan mengalami kesulitan untuk menjual aneka produknya.

Lingkup permasalahan
Masalah yang paling dikhawatirkan adalah pengaruh ACFTA terhadap keberlangsungan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berkonsentrasi pada pasar dalam negeri. UKM inilah yang paling parah terkena imbas dengan membanjirnya produk-produk China tersebut.
Beberapa faktor penyebabnya adalah: belum adanya sistim informasi  dan promosi  produk  UKM  secara detail dan profesional dalam menembus pasar, belum adanya media pembelajaran, forum, diskusi, tanya-jawab antar pelaku UKM di Indonesia,  serta sistem penjualan online yang khusus berisi tentang aneka produk UKM.  
Dengan demikian, konsumen luar negeri dan masyarakat Indonesia sendiri  mengalami keterbatasan informasi tentang  aneka produk UKM tersebut.

Solusi
Untuk mengatasi hal ini tentunya harus dibuat sebuah sistim  yang  khusus disediakan bagi para pelaku UKM di Indonesia. Untuk tujuan ini, pengembangan sistim E-PAMERAN, E-VIDEO, DAN RUMAH WEB untuk seluruh UKM di Indonesia sangat diperlukan.

Rencana Implementasi & Teknologi Pendukung
Untuk mencapai tujuan ini, maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM bisa membangun sebuah sistim yang khusus diperuntukkan bagi UKM Indonesia dengan menggunakan layanan sebagai berikut:
  1. e-Pameran: Promosi produk – produk UKM secara online dan dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan disebar ke seluruh masyarakat serta  pasar dunia.
  2. e-Video: Dengan layanan ini maka pelaku UKM bisa mempromosikan dan menjual aneka produknya sekaligus memberi penjelasan yang akurat tentang produk tersebut secara live.
  3. Rumah WEB: Membuat sebuah website yang berisi  khusus tentang informasi seluruh UKM yang ada di Indonesia, termasuk profil dan aneka produk yang dimiliki. Dalam Wesite ini dikembangkan sebuah sistim penjualan online serta forum diskusi antar pelaku UKM untuk bisa saling diskusi.
Setelah fasilitas ini tersedia, maka seluruh UKM yang ada, wajib mendaftarkan informasi tentang mereka, aneka produknya, harganya, dan lain-lain yang diperlukan.

Benefit
1. Dengan adanya fasilitas ini, maka penyebaran informasi tentang aneka produk UKM akan sangat cepat diketahui masyarakat  termasuk pasar luar negeri.
2. Akan sangat mengurangi biaya promosi  pelaku UKM dalam mempromosikan serta menjual aneka produknya.
3. Menjadi sebuah media  informasi atau forum diskusi antar pelaku UKM, sehingga mereka bisa berbagi pengalaman dan menemukan berbagai hambatan dan menjadi ajang persaingan dalam  inovasi produk.
4. Dengan adanya rumah web, maka pihak perbankan juga lebih mudah  melihat layak tidaknya sebuah UKM menerima bantuan modal, dilihat dari profil serta informasi lengkap UKM tersebut.
5. Terjadinya transaksi online yang memudahkan pembeli dan pihak UKM.


(Tulisan ini sedang ikut dalam lomba creativesolutionsaward.
Jika berkenan vote ya via SMS, caranya: ketik CSAIDEA 208 kirim ke 9779. Thanks)

Komunitas Netter Desa Wujudkan Desa Smart dan Sehat

Latar Belakang
Hadirnya internet desa yang membawa perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan desa, tentunya tidak terlepas dari hambatan dan pengaruh negatif yang mungkin muncul.
Hambatan ini bisa berasal dari tokoh-tokoh adat atau pengetua desa yang sangat berpengaruh, atau pengetahuan masyarakat desa yang masih minim  dalam berinternet. Selain itu akibat mempergunakan layanan situs-situs yang salah, memungkinan akan memicu dampak negatif  terhadap masyarakat desa khususnya kaum pelajar dan pemuda desa.
Untuk bisa mengatasi hal ini, sangat diperlukan sebuah wadah yang bertugas memberi arahan, bimbingan, pembelajaran dan berbagai bentuk penyuluhan ke masyarakat desa.
Untuk maksud ini, sangat baik jika di setiap desa dibentuk sebuah Komunitas Netter Desa yang siap memberi solusi terhadap segala masalah yang timbul serta membimbing para pelaku-pelaku bisnis di desa yang memanfaatkan internet dalam bertransaksi.

Lingkup permasalahan
Akibat pemahaman dan penguasaan internet yang masih kurang, kehadiran internet desa  bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti:  pengaruh negatif terhadap kaum pelajar dan pemuda akibat mengakses situs yang tidak perlu, masalah penipuan melalui e-mail, transaksi bisnis yang error, informasi yang tidak benar, dan sebagainya.
Kejadian seperti ini akan mengakibatkan ketidaktertarikan masyarakat terhadap layanan internet itu sendiri. Akibatnya para orangtua atau tokoh-tokoh adat desa bisa menjadi anti terhadap layanan internet desa. Dengan demikian masyarakat akan menganggap internet menjadi hal yang "menakutkan" dan perlahan-lahan akan ditinggalkan.

Solusi
Untuk bisa mengatasi permasalahan di atas, maka sangat perlu adanya pembentukan sebuah Komunitas Netter Desa yang memahami dan menguasai dunia internet.
Komunitas ini bertugas  memberi arahan, bimbingan, penyuluhan hingga pembelajaran yang baik dan jelas terhadap masyarakat desa dalam mengakses internet.  Komunitas ini akan memberi solusi dalam layanan internet desa dan menjadi tempat “curhat” dan wadah diskusi bagi seluruh masyarakat desa, menuju desa smart dan sehat.

Rencana Implementasi & Teknologi Pendukung
Pemerintahan Desa. Komunitas ini dipilih dari orang-orang yang memahami dunia internet di desa tersebut. Selanjutnya mereka akan mengajak seluruh masyarakat menjadi anggota komunitas, tentunya dengan berbagai persyaratan.
Tugas utama mereka adalah  melakukan berbagai penyuluhan dan pembelajaran secara reguler sesuai dengan waktu dan tempat yang ditentukan, dan mengajak masyarakat menggunakan internet secara sehat demi kemajuan desa.
Sektor yang menjadi target implementasinya adalah seluruh masyarakat desa yang menggunakan internet, sekolah-sekolah, karang taruna, organisasi-organisasi lainnya. Juga pendekatan ke tokoh-tokoh desa untuk diberi pengertian tentang arti dan manfaat kehadiran internet desa.
Dalam setiap aktifitasnya, komunitas ini langsung menggunakan dan memperagakan berbagai layanan internet agar dengan cepat dipahami oleh masyarakat.

Benefit
Solusi ini tentunya akan membawa banyak manfaat terhadap seluruh pemakai internet desa, dari pelajar, pemuda, hingga pelaku bisnis internet desa. Dengan adanya komunitas ini, kelangsungan internet desa akan tetap bertahan, karena masyarakat semakin menyadari dan mengerti manfaat internet dan akan mencintai internet untuk  peningkatan informasi dan berbagai kepentingan di desa tersebut.
Selain itu masyarakat desa akan semakin terampil dalam berinternet sebagai hasil yang telah dicapai selama proses pembelajaran oleh komunitas netter desa. Dengan demikian akan tercipta desa smart dan sehat.

Semoga... 
*Tulisan ini ikut dalam lomba Creativesolutionsaward ( CSA2)

Blog Archive